NVIDIA Umumkan RTX 3070, RTX 3080, dan RTX 3090

NVIDIA GeForce RTX 3000 Series.

Jejaknusa, Jakarta – NVIDIA akhirnya mengumumkan kartu grafis terbarunya setelah beragam bocoran beredar. Mereka merilis generasi kedua dari GeForce RTX lewat seri GeForce RTX 3000 Series yang terdiri dari tiga kartu grafis terbaru.

NVIDIA GeForce RTX 3000 Series hadir dengan GPU arsiterktur NVIDIA Ampere yang sebelumnya hanya hadir di kelas kartu grafis segmem enterprise dan data center, bukan end user. NVIDIA memperkenalkan GeForce RTX 3070, RTX 3080, dan RTX 3090

NVIDIA mengklaim performanya naik dua kali lipat juga efisiensi daya naik hingga 1,9 dua kali lipat dibandingkan generasi pertama. GPU Ampere GA104 yang digunakan NVIDIA RTX 3000 Series disebut menggunakan fabrikasi 8nm dari Samsung.

GPU Ampere di NVIDIA GeForce RTX 3000 Series hadir dengan teknologi yang terdiri dari streaming multiprocessor sehingga menyediakan kemampuan shader lebih cepat. Dukungan lainnya adalah generasi kedua dari RT Core yang menyediakan kemampuan real-time ray tracing terbaru.

NVIDIA GPU Ampere di sini juga menyeidakan Tencor Core generasi ketiga yang memungkinkan kemampuan AI melalkukan proses shading maupun menyajikan ray-tracing lebih cepat dengan daya efisien lebih tinggi. NVIDIA juga memperkenalkan teknologi NVIDIA RTX IO yang membuat proses loading game asset lebih cepat.
 
Di bandwidth, NVIDIA menggandeng produsen memori Micron untuk menginplementasikan memori kartu grafis jenis GDDR6X. Teknologi ini menyediakan bandwidth hingga 1TBps untuk mendukung kecepatan proses transfer atau input dan output GPU semakin kencang.
 
Pada akhirnya NVIDIA GeForce RTX 3000 Series tidak hanya mampu menyajikan frame rate lebih tinggi tapi stabil dengan efek ray-tracing yang semakin sempurna bahkan kini kartu grafis tersebut bisa mendukung resolusi 8K. Semua bakal tersedia bertahap di pasar pada bulan ini.

Sumber : Medcom.id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *